Cara Menggunakan Koin di KoinWorks Dengan Mudah

Cara Menggunakan Koin di Koinworks — Demi meningkatkan kesejahteraan hidupnya, banyak pelaku usaha yang memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke bank sebagai modal usaha.

Sayangnya, syarat yang dibutuhkan tidak sedikit, dan jeda waktu pencairan dana cukup lamban.  

Hal ini membuat banyak masyarakat beralih ke layanan peer to peer lending, yakni sebuah metode pemberian pinjaman uang pada pelaku bisnis/individu dan sebaliknya berbasis online. 

Cara Menggunakan Koin di Koinworks
Menggunakan Koin di Koinworks

Salah satu perusahaan P2P Lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah KoinWorks.

Dari aplikasi ini, pengguna bahkan bukan hanya bisa mendapatkan pinjaman uang atau memberikan pendanaan, namun juga KOIN.

Lalu bagaimana cara menggunakan KOIN di KoinWorks? KOIN ini akan diberikan pada Pendana melalui program khusus atau promo pada KoinWorks

Nantinya, KOIN yang sudah terkumpul dapat digunakan untuk mendapatkan porsi bunga dari pembayaran atau mendanai pinjaman.

Tetapi, POIN hanya berlaku satu kali setiap digunakan untuk mendanai. Sehingga, pokok KOIN kamu akan hangus, namun bunga keuntungan dari KOIN tersebut akan menjadi hak Pendana sepenuhnya.

Cara Menggunakan KOIN di KoinWorks

Jika KOIN di KoinWorks kamu sudah terkumpul cukup banyak, kamu bisa menggunakannya selayaknya saldo kas di KoinWorks.

Namun ingat, jika KOIN harus dialokasikan sesegera mungkin sebelum melewati masa kadaluwarsa (terhitung 30 hari setelah KOIN diterima).

Nah, jika kamu ingin melakukan pendanaan dan memiliki sejumlah KOIN di KoinWorks, maka KOIN tersebut akan dipotong terlebih dahulu.

Sebagai gambaran, cermati contoh skema berikut:

  • Jumlah Pendanaan: Rp. 2.000.000
  • Saldo Kas: Rp. 20.000.000
  • KOIN: Rp. 500.000

Maka, untuk melakukan pendanaan sebesar Rp. 2.000.000, KOIN senilai Rp. 500.000 akan dialokasikan/dipotong terlebih dahulu. 

Sehingga komposisi pendanaan yang kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Total Pendanaan = KOIN + Saldo Kas

  • Rp. 2.000.000 = 500.000 KOIN + Rp. 1.500.000

Jadi, sisa saldo kas kamu setelah melakukan pendanaan senilai Rp. 2.000.000 adalah (Rp. 20.000. 000 – Rp. 1.500.000) = Rp. 18.500.000.

Skema ini diberlakukan untuk menghindari kemungkinan KOIN hangus dan tidak terpakai. Namun apabila Pendana tidak memiliki KOIN saat hendak melakukan pendanaan, maka dana akan diambil sepenuhnya dari saldo kas.

Mudah bukan cara menggunakan KOIN di KoinWorks? Yuk kumpulkan KOIN sebanyak-banyaknya, dan nikmati bunga dari pendanaan yang kamu lakukan dengan KOIN tersebut.